cover
Contact Name
Andi Yulianto
Contact Email
andiyulianto@umus.ac.id
Phone
+6287711270127
Journal Mail Official
andiyulianto@umus.ac.id
Editorial Address
Jalan P. Diponogoro KM. 2 Wanasari, Brebes 52252 Jawa Tengah
Location
Kab. brebes,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal of Economic and Management (JECMA)
ISSN : -     EISSN : 27460568     DOI : https://doi.org/10.46772/jecma.v2i1
Core Subject : Economy, Social,
Journal of Economics and Management (JECMA) dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian bidang ekonomi dan bisnis. Sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada Masyarakat luas dan sebagai sumber referensi akademisi. Journal of Economics and Management (JECMA) menerima artikel ilmiah dengan lingkup penelitian pada: Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Strategis, Manajemen Operasi, Manajemen Sumber Daya Manusia, E-bisnis, Akuntansi Manajemen, Sistem Pengendalian Manajemen, Sistem Informasi Manajemen, Ekonomi Bisnis, Etika Bisnis, dan Kewirausahaan
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2021): Februari" : 7 Documents clear
Pengaruh E-Wom Dan Risk Perception Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan: (Survei pada Pengunjung Gunung Api Purba Nglanggeran) Aditya Solichin; Dhea Ayu Resky Amalia; Lily Katniaty; Tri Wisudawati; Ecclisia Sulistyowati; Wahyu Adhi Saputro
Journal of Economics and Management (JECMA) Vol. 3 No. 1 (2021): Februari
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.999 KB) | DOI: 10.46772/jecma.v1i02.355

Abstract

Kebutuhan wisata merupakan kebutuhan penting bagi masyarakat yang layak untuk dipenuhi. Wisata yang terlaris dan menjadi favorit adalah wisata alam yang memiliki ketertarikan tersendiri oleh masyarakat. Salah satu wisata alam yang ada di DI Yogyakarta khususnya di Kabupaten Gunungkidul adalah Gunung Api Purba Nglanggeran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-Wom dan risk perception terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Gunung Api Purba Nglanggeran. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata di Kabupaten Gunungkidul sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung di Gunung Api Purba Nglanggeran. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil secara langsung dengan mewawancarai wisastawan dan data sekunder yang berasal dari jurnal, buku dan sumber lain yang masih relevan dengan penelitian ini. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa secara bersama-sama variabel e-WOM dan risk perception berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan Gunung Api Purba Nglanggeran. Akan tetapi secara parsial hanya variabel e-WOM berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan Gunung Api Purba Nglanggeran.
Strategi Pemasaran Industri Ukir (Rancak Gamelan) Desa Karangasem, Manyaran Kab. Wonogiri Sebagai Desa Sentra Industri Kayu Lyly Katniati; Ecclisia Sulistyowati; Umi Salamah; Wahyu Adhi Saputro
Journal of Economics and Management (JECMA) Vol. 3 No. 1 (2021): Februari
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.999 KB) | DOI: 10.46772/jecma.v1i02.356

Abstract

Era globalisasi dimana pasar menyediakan banyak sekali berbagai macam produk yang dijual. Perdagangan global saat ini telah dilakukan di seluruh negara di dunia. Rancak gamelan memang bukan komoditas utama dalam ekspor, tetapi rancak gamelan turut andil dalam meningkatkan devisa negara ini. Dalam hal ini, dapat dikatakan bahwa industri rancak gamelan Indonesia mulai mengembangkan pasarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran industri ukir (rancak gamelan) Desa Karangasem. Penelitian ini menggunakan dua data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dengan cara melakukan wawancara menggunakan alat kuesioner dengan responden sejumlah 30 orang yang terbagi ke dalam produsen dan konsumen. Data sekunder merupakan data yang diperoleh dari sumber data yang sudah ada dan relevan seperti jurnal, buku dan tulisan yang mendukung penelitian ini. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini seperti analisis SAP dan analisis SWOT. Kekuatan yang ada dalam industri ukir (rancak gamelan) adalah kualitas produk yang dihasilkan cukup baik. Salah satu kelemahan yang ada adalah dari sisi sumber daya manusia yang mengelola dan control pada bagian produksi. Peluang yang dapat dimanfaatkan oleh industri ukir (rancak gamelan) Desa Karangasem adalah pengembangan untuk pasar ekspor yang masih terbuka lebar. Tantangan yang harus dihadapi oleh industri ukir (rancak gamelan) Desa Karangasem adalah adanya pesaing-pesaing baru yang akan bermunculan. Jika didasarkan pada hasil SAP maka dapat dikategorikan bahwa sentra industri ukir (rancak gamelan) berada pada posisi kuat dengan skor 3,25.
Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Dalam Menentukan Harga Jual Pada Rajaswa Coffee Mohamad Basuni; Khalid Iskandar
Journal of Economics and Management (JECMA) Vol. 3 No. 1 (2021): Februari
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.565 KB) | DOI: 10.46772/jecma.v1i02.357

Abstract

Perhitungan harga pokok produksi merupakan hal yang penting dalam menetapkan harga jual suatu produk. Persaingan yang semakin meningkat dalam dunia usaha menuntut perusahaan berusaha membuat suatu produk yang berkualitas dengan harga jual yang bersaing. Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana perhitungan harga pokok produksi untuk menentukan harga jual pada Rajaswa Coffee. Dalam menentukan harga jual yang menggunakan pendekatan full costing, dimana semua biaya produksi, biaya tenaga kerja, biaya overhead dimasukkan ke dalam perhitungan. Harga jual diperoleh dengan menjumlahkan harga pokok produksi dengan laba yang diharapkan. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder dari Rajaswa Coffee. Dalam penelitian ini memberikan hasil bahwa ada selisih pada perhitungan menurut perusahaan yang berpengaruh pada pendapatan harga jual.
Analisis Metode Material Requirement Planning Pada Persediaan Bahan Baku Produk Vdrip Coffee di Rajaswa Coffee Noer Dyah Rahmawati Zaeni; Gian Fitralisma; Syariefful Ikhwan
Journal of Economics and Management (JECMA) Vol. 3 No. 1 (2021): Februari
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.969 KB) | DOI: 10.46772/jecma.v1i02.358

Abstract

Material Requirement Planning (MRP) merupakan metode yang dilakukan untuk melakukan perencanaan persediaan bahan baku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis metode MRP yang cocok digunakan untuk perencanaan persediaan bahan baku produk Vdrip Coffee di Rajaswa Coffee. Teknik lotting yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Lot For Lot (LFL) dan metode Period Order Quantity (POQ). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka metode yang paling efisien diterapkan di Rajaswa Coffee yaitu metode Period Order Quantity (POQ). Metode LFL menghasilkan biaya persediaan sebesar Rp 988.358, sedangkan metode POQ dapat menghasilkan biaya persediaan sebesar Rp 182.540. Artinya dengan metode POQ Rajaswa Coffee akan menghemat biaya sebesar Rp 805.818
Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Produk Tape Ketan Daun Jambu Afifah Afifah; Roby Setiadi; Mukson Mukson; Gian Fitralisma; Syariefull Ikhwan; Findhy Dwita Kumala
Journal of Economics and Management (JECMA) Vol. 3 No. 1 (2021): Februari
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.275 KB) | DOI: 10.46772/jecma.v1i02.359

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui serta mengukur kepuasan pelanggan melalui kualitas produk tape ketan daun jambu di Banjarharjo Kabupaten Brebes dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif assosiatif. Peneliti membuat serta menyebar kuesioner kepada 30 responden yang merupakan sampel dari jumlah populasi pelanggan tape ketan daun jambu yang berada di Kecamatan Banjarharjo untuk dapat diteliti serta dianalisis sesuai dengan data yang telah disebar. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Regresi Sederhana, Uji Determinasi (R) dan Uji Hipotesis (Uji-t). Hasil distribusi responden penelitian ini adalah persepsi responden Kualitas Produk Tape Ketan Daun Jambu “Dio” memiliki nilai distribusi responden sebesar 4,11 dan masuk pada kategori interpretasi baik, dan persepsi responden terhadap kepuasan pelanggan tape ketan daun jambu “Dio” memiliki nilai distribusi responden dengan total 3,87 dan masuk pada kategori interpretasi puas. Sedangkan hasil pengujian yang diperoleh terdapat pengaruh positif kuat dan siginifikan antara kualitas produk Tape Ketan daun Jambu “Dio” terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari model Regresi Linier Sederhana Y = 4,477+ 1,616X, nilai koefisien korelasi r = 0,408, kontribusi variabel kualitas produk terhadap variabel kepuasan pelanggan sebesar 16,6%, pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan signifikan karena t hitung > t tabel (3,128 > 1,701).
Pengaruh Work Engagement Terhadap Kinerja Pegawai BPJS Ketenagakerjaan Asipola Rohana Manalu; Rinandar Thamrin; Muridha Hasan; Deny Syahputra
Journal of Economics and Management (JECMA) Vol. 3 No. 1 (2021): Februari
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.398 KB) | DOI: 10.46772/jecma.v1i02.376

Abstract

Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, organisasi pasti memiliki beberapa faktor yang terikat dan berpengaruh satu sama lain dan salah satunya adalah sumber daya manusia yang dimililkinya. Penelitian akan meneliti mengenai pengaruh work engagement terhadap kinerja pegawai di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Binjai. Pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Binjai. Objek penelitian ini adalah work engagement sebagai variabel X dan kinerja pegawai sebagai variabel Y. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa work engagement (X) berpengaruh lebih dominan terhadap kinerja pegawai BPJS Ketenagakerjaan Cabang Binjai. Selain itu Work Engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Binjai dengan thitung > ttabel (2.759 > 2.030) dan nilai koefisien regresi sebesar 0.389 atau 38,9%.
Pengaruh Product Quality, Sevice dan Trust terhadap Purchase Intension Online Andi Yulianto; Roby Setiadi; M. Ajis Susilo
Journal of Economics and Management (JECMA) Vol. 3 No. 1 (2021): Februari
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46772/jecma.v3i1.1016

Abstract

The growing internet makes buying and selling business very promising. Consumers feel the comfort and convenience when shopping online. But this is inseparable with someone's concern when going shopping online. This of course can affect purchase intension online. This study aims to identify the magnitude of the influence of the factors forming consumer behavior, namely product quality, service and trust in purchase intension online. This research was conducted on smartphone users who have shopped online. The samples used were 250 people. The research method used is quantitative. This study uses descriptive analysis techniques and multiple linear regression. The data was analyzed using the SPSS program. The questions in this questionnaire are closely related to product quality, service and trust from the perspective of purchase intension online. The results of the answers to this questionnaire will be calculated to determine how much influence it has on purchase intension online. By knowing the results of this research related to online shopping interest, can understand more deeply about the customer's views on product quality, service and trust and to determine the right strategy.

Page 1 of 1 | Total Record : 7